Jumat, 04 Februari 2011

Makanan Untuk Antibiotik Alamiah

 
 
Gangguan pencernaan serta rasa capek yang berlebihan kerap tak digubris dan Anda anggap hanya sebagai akibat dari stres karena pekerjaan yang menumpuk. Padahal, menurut sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Bastyr University, Seattle, Amerika Serikat. Ganguan perut serta rasa lelah yang berlebihan bisa jadi diakibatkan karena  bakteri nakal yang disebut helicobacter pylori/ H. pylori. Bakteri ini menempel pada dinding perut, kemudian akan melemahkan lapisan perut sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi terhambat.
Nah, terhambatnya pasokan nutrisi pada tubuh inilah yang dapat menyebabkan gastric acid sehingga merusak saluran cerna. Akibatnya, Anda akan merasakan keluhan berupa sakit perut melilit, sering merasa kembung, mual dan tubuh mudah merasa lelah. Jika tidak segera diatasi, kondisi tersebut jelas akan mengganggu segala akivitas Anda.

Kabar baiknya, para peneliti dari Bastyr University mengungkapkan bahwa bakteri H. pylori ini ternyata bisa diatasi dengan antibiotik alamiah. Diantaranya adalah:
  1. Bawang putih. Anda bisa memilih bawang putih dalam bentuk suplemen, acar atau dalam bentuk segar. Berbagai macam penelitian berhasil membuktikan bahwa kandungan allicin, sejenis senyawa di dalam bawang putih sangat ampuh untuk membasmi bakteri H. pylori sampai lebih dari 90%. Untuk bawang putih segar atau acar gunakan dosis 2 siung per hari. Agar tak bosan, Anda juga bisa menambahkan cincangan bawang putih segar atau acar dalam dalam campuran salad sayuran.
 
  1. Yogurt. Minuman berbahan dasar susu ini mengandung lactobacillus, acidophillus dan bifidus. Rajin mengkonsumsi yogurt setiap hari merupakan salah satu cara mudah untuk mengembangkan organisme baik dalam tubuh. Jika dikonsumsi rutin selama 6 minggu berturut-turut, bakteri baik (probiotik) dalam yogurt dapat membantu menyeimbangkan kembali kadar flora baik sehingga dapat memaksa bakteri H. pylori keluar dari tubuh.
  1. Brokoli. Sebaiknya pilih brokoli jenis sprout, kale dan brussels sprout. Pasalnya, brokoli jenis ini banyak mengandung sulforaphane glucosinolate yang oleh tubuh dapat diubah menjadi zat pembunuh bakteri. Brokoli ini juga ampuh mengurangi infeksi penyebab inflamasi perut penyebab kembung. Brokoli jenis ini mudah diperoleh di supermarket besar di kota Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar